Jenis Operasi Lutut yang Perlu Diketahui

 

Operasi Lutut

Lutut merupakan bagian tubuh yang sangat penting karena berpengaruh pada kemampuan gerak. Oleh karenanya, bagian tubuh yang satu ini tidak bebas dari adanya risiko cedera serta peradangan. Jika masalah lutut yang terjadi cukup parah, maka prosedur operasi lutut akan dilakukan sebagai solusi untuk mengembalikan kondisi lutut menjadi lebih baik.


Dengan dilakukannya operasi lutut, maka cedera yang dialami bisa ditangani dengan lebih baik. Tidak hanya itu, tindakan ini pun secara efektif akan meredakan rasa sakit yang muncul serta mengembalikan fungsi gerak terutama pada bagian persendian lutut yang mengalami masalah.


Terkait operasi lutut. perlu diketahui bahwa prosedur operasi ini dibagi menjadi tiga jenis yang berbeda. Adapun beberapa jenis operasi lutut tersebut adalah sebagai berikut:


1. Operasi lutut total

Jenis operasi lutut yang pertama adalah operasi lutut total. Pada prosedur operasi yang satu ini, kalangan medis atau dokter akan melakukan penggantian pada seluruh bagian sendi lutu yang rusak. Bahkan, jika kerusakan yang terjadi cukup parah, dokter pun akan melakukan penggantian beberapa jenis tulang yang ada di bagian lutut.


Dalam hal ini, dokter akan menggantikan jaringan yang rusak dengan sendi palsu yang terbuat dari beberapa bahan seperti logam, plastik, serta polimer. Penggantian ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi lutut meskipun tidak secara sempurna.


2. Operasi lutut parsial

Operasi lutut parsial merupakan prosedur operasi lutut yang dilakukan ketika terjadi cedera dengan tingkat keparahan medium. Terkait operasi ini, nantinya dokter akan melakukan penggantian pada sebagian sendi atau tulang yang mengalami masalah yang serius.


Dengan tingkat keparahan yang berbeda, tentu operasi ini bisa dilakukan dengan lebih cepat. Hanya saja, ada risiko pasien harus melakukan operasi ulang terutama jika terjadi peradangan pada bagian lutut lainnya.


3. Operasi lutut bilateral

Jenis operasi lutut yang terakhir adalah operasi lutut bilateral. Jenis operasi ini dilakukan untuk memperbaiki jaringan pada kedua lutut secara bersamaan. Umumnya, operasi lutut bilateral berlaku pada pasien yang mengalami radang sendi secara bersamaan di kedua lutut mereka. 


Ketiga jenis operasi lutut tersebut akan berpengaruh pada biaya operasi lutut. Tentu, tingkat keparahan operasi lutut yang semakin tinggi akan membuat biaya operasi cenderung lebih mahal.


No comments:

Powered by Blogger.