Yuk, Ketahui Manfaat Mempelajari Pendidikan Antikorupsi Bagi Mahasiswa

 

Antikorupsi Mahasiswa

Pendidikan antikorupsi dinilai menjadi salah satu strategi pemberantasan korupsi karena dapat menciptakan ekosistem budaya antikorupsi dalam membangun karakter generasi muda. KPK juga merilis 9 nilai integritas guna mencegah tindak korupsi. Kesembilan nilai integritas itu adalah jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. Di tingkat perguruan tinggi, penanaman 9 nilai itu dapat direalisasikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

 

Generasi muda harus menjaga dirinya agar tidak melakukan perilaku koruptif. #KawanAksi yang masih menjadi mahasiswa berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional. Pendidikan antikorupsi melalui jalur pendidikan formal dan non-formal juga menjadi salah satu upaya yang dilakukan karena pendidikan merupakan proses perubahan sikap yang terjadi pada diri seseorang. Selain itu, juga melalui jalur ini lebih tersistem serta mudah terukur. Perubahan dari sikap membiarkan dan pura-pura tidak tahu menjadi memiliki sikap menolak secara tegas segala bentuk tindakan korupsi, hal itu tidak pernah terjadi jika #KawanAksi tidak secara sadar melatih kemampuan tersebut untuk memperbaharui sistem yang sudah salah dan menolak korupsi. Berikut manfaat dari mempelajari pendidikan antikorupsi:


- #KawanAksi mampu mencegah diri sendiri agar tidak berprilaku koruptif dan tidak melakukan tindak pidana korupsi.

- Menguatkan kepekaan terhadap perilaku koruptif akan membantu #KawanAksi untuk tidak melakukan perilaku koruptif sekecil apapun.

- #KawanAksi mampu mencegah dan mengingatkan  orang lain agar tidak berperilaku koruptif dan melakukan tindak korupsi. memiliki keberanian untuk mengingatkan keluarga, kerabat, teman-teman di lingkungan sekitar.

- Dapat memberikan informasi kepada orang lain mengenai korupsi dan antikorupsi.

- Mampu mendeteksi adanya perilaku koruptif dan memberikan respon termasuk melaporkan ke pihak terkait.

- Melaporkan ke penegak hukum bisa dilakukan, asalkan dilengkapi dengan bukti – bukti kuat.

 

Untuk #KawanAksi yang masih berstatus mahasiswa, yuk, sebagai kaum terpelajar mari berikan contoh yang baik dengan mempelajari pendidikan antikorupsi dan rasakan sendiri bagaimana manfaat mempelajari pendidikan antikorupsi untuk kehidupan #KawanAksi yang lebih baik. Kalau bukan #KawanAksi siapa lagi yang akan membangun negeri ini untuk menjadi lebih baik? Mari #LawanKorupsi #BerawalDariKita.

No comments:

Powered by Blogger.